Home   News   Kegiatan IRO Di Korea Selatan

Kegiatan IRO Di Korea Selatan

Siswa Penabur Jakarta yang mengikuti IRO Korea Selatan :
SDK 11    :    Jason Abner, Jason Elton, dan Indra Pramudya N.
SMPK 7   :    Jason Efendi, Bryan Edward, dan Michael Alexander Leo
SMAK 1   :    Rico Ardiyas, Tobias Evan, dan Theodore Terrence
Pendamping    :     Kristian Budi Purwoko

Minggu, 16 Des. 2012 sekitar pukul 8.30 pagi,  kami bersama Pak Benyamin dan Ibu Lidya Ida Fatonah dan Tim ROCI  tiba di Bandara Incheon, Korea Selatan. Waktu di Korea lebih cepat 2 jam dari Jakarta dan suhu udara mencapai -30 C.  Sekitar pukul 4 sore kami baru tiba Gwangju University Dormitory. Ruang tidur kami adalah tempat mess bagi mahasiswa Gwangju Univ.

Senin, 17 Des. 2012 pukul 8 pagi registrasi untuk hari pertama olimpiade di gedung KDJ (Kim Dae Jung). Pukul 9 pagi, anak-anak masuk ke arena lomba dengan tes pertama untuk membuat gambar robot dengan tema yang ditentukan juri, lalu membongkar robot dan pelengkapannya. Pukul 12 siang waktunya makan siang dan dilanjutkan lagi pukul 1.30 siang dengan memasang kembali robot yang sudah dibongkar sebelumnya.

Selasa, 18 Des. 2012 pukul 8 pagi anak-anak tiba di arena lomba (gedung KDJ) untuk hari kedua, cuaca turun salju dengan suhu -40 C. Hari ini mereka diberi kesempatan merapikan robot untuk persiapan presentasi dan demontrasi robot. Sekitar pukul 11.30 tim SDK 11 selesai mendapat giliran presentasi dan demo robot. Tim SMPK 7 dan SMAK 1 mendapat giliran setelah makan siang. Pukul 5 sore kami bersama peserta olimpiade kembali ke Gwangju Univ Dormitory untuk berisirahat.

gb 1 gb 5 gb 4

Rabu dan Kamis tidak ada kegiatan lomba. Jumat, 20 Des. 2012 pukul 8.30 pagi kami berangkat ke gedung KDJ untuk acara “Closing Ceremony” hingga sekitar pukul 2 siang. Hasil lomba dibacakan dalam acara penutupan, tim SDK 11 dan SMPK 7 mendapat Technical Medali sedangkan tim SMAK 1 mendapat Highly Commended Medali. Walaupun kurang dalam segi teknologi tapi tim Indonesia diakui dalam segi ide dan kemampuan. Tim Indonesia yang ikut Olimpiade di Korea hanya dari Penabur Jakarta dan SMPN 7 Bandung. Tim Bandung hanya ikut kategory Shove dan Prison Break Robo, dan hanya beberapa tim yang membawa pulang medali.

gb 3sda gb 5

Sabtu, 21 Des. 2012 pukul 3.30 dini hari kami berangkat dari penginapan ke Bandara Incheon. Sekitar pukul 7.30 pagi kami tiba di Bandara dan mencari sarapan pagi. Pukul 11.00 kami tiba pesawat Garuda Indonesia tetapi karena hujan salju yang cukup lebat, pesawat kami didelay selama 3 jam. Sekitar pukul 7 malam kami tiba di Bandara Ngurah Rai dan tertunda 1 jam hingga tiba di Jakarta sekitar pukul 10 malam. Di Bandara Soekarno-Hatta kami dijemput oleh Pak Benyamin dan Pak Wawan dengan karangan bunga.

Guru Pendamping
Kristian Budi Purwoko, SE.

 

Share