Home   Article   BELAJAR TENTANG FLUOR, YUK!

BELAJAR TENTANG FLUOR, YUK!

     Pada hari Senin, 16 Maret 2015, siswa siswi kelas 4 SDK 11 PENABUR melakukan eksperimen mengenai Fluor. Kami melakukan percobaan di ruangan Laboratorium IPA. Maksud tujuan eksperimen ini agar siswa dapat menganalisa kegunaan fluor bagi kesehatan gigi. Pada eksperimen ini kami menggunakan telur ayam, karena lapisan pada telur memiliki persamaan dengan lapisan pada gigi, yaitu sama-sama rentan terhadap asam. Oleh karena itu pada eksperimen ini, telur dianalogikan sebagai gigi karena sama-sama memiliki jaringan kalsium yang rentan terhadap asam. Sementara cuka dianalogikan seperti asam pada mulut. Asam pada cuka dan asam pada mulut sama-sama bersifat korosif dan bereaksi terhadap kalsium.

 Bahan:

  • 2 (dua) butir telur ayam mentah1 Bahan dan alat step 1
  • 90 gram pasta gigi / setengah tube pasta gigi 180 g
  • 250 ml air
  • 200 ml cuka

 Alat :

  • 3 (tiga) gelas plastik
  • Tusuk gigi
  • Jam
  • Spidol

 Uji Coba Kegunaan Fluor :

Step 1:

  1. Ambilah 1 buah gelas plastik dan larutkan 90 gr pasta gigi dalam 250 ml air. Aduk sampai rata.2 Step 1
  2. Sediakan 1 butir telur, rendam dalam larutan 3 Telur yang direndam semalam di Larutan Fluorpasta gigi tersebut sampai terendam seluruhnya dan biarkan semalam.

Step 2:

  1. Angkat telur yang sudah direndam semalam tersebut dan biarkan mengering selama 10 menit.4 Bahan dan alat Step 2
  2. Isilah 2 gelas plastik dengan cuka, berilah tanda A dan B pada masing-masing gelas dengan spidol.
  3. Telur yang sudah dikeringkan selama 10 menit tadi, langsung masukan kedalam gelas A
  4. Ambil telur yang baru, dan masukkan kedalam gelas B.5 Step 2
  5. Amati dan catat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing telur: pada 6 Step 2 foto siswasaat awal dimasukkan, 5 menit setelah dimasukkan, 15 menit setelah dimasukkan, 30 menit setelah dimasukkan, dan 24 jam setelah dimasukkan. Gunakan tusuk gigi untuk mempelajari perubahan pada telur.
  6. Siswa mengambil kesimpulan akhir dari uji coba telur ini dan mencatat pada lembar kerja yang telah disediakan.7 Telur selama 15 menit

 

Tabel Uji CobaKesimpulan :
Pada saat eksperimen, siswa siswi nampak antusias sekali 8 Telur selama 30 menitmelakukannya. Mereka mengamati perubahan demi perubahan yang terjadi, karena setiap telur mempunyai kandungan kalsium yang berbeda-beda seperti gigi manusia. Telur yang tidak dilapisi Fluor akan lebih cepat korosif (terkikis) terhadap asam cuka dibandingkan telur yang dilapisi Fluor.
9 Telur selama 24 jamSetelah melakukan eksperimen tersebut, siswa siswi dapat menganalisa pentingnya manfaat Fluor bagi kesehatan gigi. Semoga dengan eksperimen ini, siswa siswi semakin menyadari betapa pentingnya memelihara kesehatan gigi dan dapat menambah pengetahuan.

 

Share