Home   News   PENGALAMANKU

PENGALAMANKU

Tidak terasa kegiatan fieldtrip kelas 5 di semester 2 kembali dilakukan. Kali ini kami semua pergi mengunjungi Taman Mekar Sari. Pukul 06.30 WIB kami semua sudah berkumpul di aula sekolah. Bis yang kami tumpangi berjumlah 3 bis. Pukul 07.00 WIB kami mulai mempersiapkan diri untuk naik ke bis. Sebelumnyaa kami sudah dibagi sebanyak 10 kelompok dan tiap kelompok beranggotakan 10 orang dengan didampingi 1 guru pendamping.

coverPerjalanan yang kami tempuh dari sekolah ke tempat tujuan kurang lebih 1 jam. Pukul 08.30 kami sampai di Taman Mekar Sari. Setelah turun dari bis, kami pun langsung berbaris sesuai kelompok. Kelompok 1 – 7 didampingi oleh kakak Yana, sedangkan kelompok 8 – 10 didampingi kakak Yoseph.
mnanam padimandi dgn kerbaubermain bsama kerbauKegiatan kami dimulai dari menanam padi. Kami diajarkan cara memegang padi yang akan ditanam dan cara menanamnya. Disini pengetahuan kami bertambah karena kami langsung mencobanya sendiri. Setelah itu, kami pun melakukan kegiatan kedua yaitu memandikan kerbau. Teman-teman kami sangat bersukacita, karena menurut mereka hal ini merupakan pengalaman pertama yang mereka lakukan dan sangat berkesan. Ada juga teman-teman kami yang naik ke atas kerbau. Kegiatan yang biasanya dilakukan di daerah pedesaan ini, sekarang akhirnya kami dapat mencobanya sendiri. Kegiatan kami pun dilanjutkan dengan menangkap ikan. Awalnya kami mengalami kesulitan untuk menangkap ikan yang ada di kolam, namun setelah beberapa kali mencobanya banyak diantara kami yang berhasil menangkap ikan dan membawanya pulang. Teman-teman kami sangat bergembira, bahkan ada yang mengatakan fieldtrip kali ini merupakan fieldtrip yang sangat berkesan.

horee mlukis capling

bbaris

Setelah selesai, kami pun bergegas membersihkan diri dan berganti pakaian. Tidak hanya kegiatan yang berhubungan dengan dunia pertanian, kita juga diajarkan kesenian tentang kebudayaan Indonesia. Kami diajarkan mengenal dan mempraktekkan tarian daerah dari Jawa Barat. Kami pun sangat bersemangat mengikuti tarian yang diajarkan oleh kakak dari Taman Mekar Sari. Kesenian lain yang kami dapatkan adalah kami dapat melukis secara individu di atas caping yang telah dibagikan. Kami bebas untuk berekspresi pada caping tersebut.
Kegiatan kami yang terakhir adalah berkeliling daerah Taman Mekar Sari dengan menggunakan kereta mobil yang sudah disediakan. Tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Kami pun bergegas masuk ke dalam bis. Di dalam bis, kami saling bercerita tentang kegiatan yang kami lakukan di Taman Mekar Sari. Pukul 14.30 WIB kami sampai kembali di sekolah. Pengalaman dari fieldtrip ini memberikan kami pelajaran untuk dapat mencintai kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia, serta lebih menghargai orang yang telah berjerih payah mengelola hasil alam tersebut.

 

Share