Home   News   Teacher as Counselor

Teacher as Counselor

Pada Jumat, 18 Maret 2016, Guru-guru SDK 11 PENABUR mengikuti pelatihan “Teacher as Counselor” bersama Dr. Lucia RM Royanto, MSi, MSpEd Psikolog .

IMG_3644-web

Pada pelatihan kali ini guru-guru diajak untuk mengenali terlebih dahulu siapa diri kita. Dengan mengenali siapa kita, bagaimana orang menilai kita. Keluarga dan teman-teman membantu kita membentuk apa yang yang penting bagi diri kita. Dengan kita mengidentifikasi kualitas yang kita miliki, kita mengenali belief yang kita miliki serta keputusan yang kita ambil. Hal ini dapat membantu kita menjadi manusia yang positif. Kita diajarkan juga untuk mengenali apakah diri kita termasuk introvert atau ekstrovert, bagaimana gaya komunikasi kita. Kita tidak hanya belajar mengenali siapa diri kita, tapi secara tidak langsung kita juga belajar mengenali diri murid-murid kita dan cara pendekatannya.

IMG_3646-webSebagai guru kita tidak hanya bertindak sebagai pengajar tapi juga sebagai konselor. Terutama guru kelas yang langsung berhubungan dengan murid setiap harinya. Guru diajarkan untuk mendalami sebuah masalah, melihat faktor penyebabnya, tidak menghakimi anak terlalu dini, guru juga diharapkan dapat mengumpulkan informasi yang cukup dan bila masalah terlalu berat kita bisa merujuk ke ahlinya. Pelatihan ini juga dilengkapi dengan studi kasus. Guru membahas per kelompok untuk menelaah apa yang mendasari sikap individu yang bermasalah tersebut dan bagaimana penanganannya. *

 
    Calendar icon April 6, 2016 Category icon News

Share