Home   News   Sekolah Alkitab Sehari Kelas 1 (SELF CONTROL)

Sekolah Alkitab Sehari Kelas 1 (SELF CONTROL)

“Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri”

Lagu Buah Roh di atas dinyanyikan beberapa kali dalam kegiatan Sekolah Alkitab Sehari (SAS) kelas 1 yang diadakan Sabtu, 4 Maret 2017 di GKI Surya Utama. Kegiatan wajib yang diadakan setiap tahun di SDK 11 PENABUR ini kembali difasilitasi oleh GSM GKI SU berserta guru-guru D11.

Tema tahun ini adalah penguasaan diri. Dalam SAS ini anak belajar mengapa Allah menghendaki agar teman-teman kelas 1 mampu menguasai diri dan apa saja contoh sikap menguasai diri.

Kegiatan diawali dengan perkenalan GSM GKI SU dan ibadah dibawakan dengan sangat ceria oleh dua MC perwakilan dari GSM dan guru D11. Cerita Alkitab kali ini disampaikan oleh Bu Melly dari GKI Perniagaan.

Firman Tuhan mengingatkan bahwa anak yang bertumbuh dalam iman akan menghasilkan buah roh salah satunya yaitu penguasaan diri. Ketika seseorang dapat menguasai dirinya maka ia dapat memilih apa yang benar sesuai dengan kehendak Tuhan.

Firman Tuhan yang dibawakan oleh Bu Merry sangat menarik dan interaktif, anak-anak beberapa kali mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Bu Merry dan jawaban mereka hampir semuanya benar. Waahhh, ternyata teman-teman kelas 1 ini hebat-hebat, loh.

Anak-anak mencoba menyebutkan beberapa contoh dari bentuk penguasaan diri seperti: sabar, mau menunggu, antri, tidak mudah marah, suka membantu, menyayangi orangtua, mau mendengarkan, jujur, dan masih banyak lagi.

Setelah selesai ibadah, anak-anak yang sudah dibagi ke dalam beberapa kelompok naik ke lantai 2 dan masuk ke ruangan masing-masing. Di ruangan, mereka harus membuat aktifitas berupa Kereta Penguasaan Diri. Setiap gerbong kereta diisi dengan tulisan contoh sikap pengendalian diri.

Setelah itu mereka bebas menghiasnya.

Pada bagian aktivitas inilah anak-anak dilatih untuk mengendalikan diri. Mengapa? Karena aktifitas menempel dan menghias kereta cukup rumit untuk mereka lakukan. Anak-anak benar-benar dilatih untuk menguasai diri, fokus mendengarkan instruksi dari guru, sabar menunggu teman lain yang belum selesai, sabar menunggu instruksi selanjutnya dari guru. Pokoknya, kali ini penguasaan diri mereka benar-benar diuji. Hebatnya mereka semua mampu membuat Kereta Penguasaan Diri sampai selesai dengan sangat baik! Wow!

Diakhir acara anak-anak dikumpulkan kembali di aula dan Bu Merry menyimpulkan kegiatan hari ini. Bu Merry mengingatkan bahwa Tuhan akan selalu memampukan anak-anak untuk dapat menguasai diri. Tidak lupa juga Bu Tuti (WaKa) membagikan hadiah bagi para pemenang dari aktifitas setiap kelompok. Semua bersukacita dan senang, selain karena belajar Firman Tuhan juga karena anak-anak sudah melatih diri dalam aktifitas. Acara pun ditutup dengan doa penutup yang dipimpin oleh Ms. Debora.

Menguasai Diri? Aku Pasti Bisa!

 
    Calendar icon March 14, 2017 Category icon News

Share