Home   Article   KKO ” Anak Takut, Penurut atau Pemberontak”

KKO ” Anak Takut, Penurut atau Pemberontak”

 

KKO level 1 pertemuan 1 bertema “Anak Takut, Penurut atau Pemberontak “ dibawakan oleh bapak Johan Wahyudi, S.Pd

Orangtua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini tampak dari jumlah peserta yang hadir. Ada 87 keluarga yang ikut dalam acara ini, total peserta KKO adalah 116 orang. orangtua dibagi kedalam 10 kelompok , masing-masing kelompok diajak pembicara untuk sharing, membahas tentang problematika anak yang sedang dihadapi.

Tema ” Anak Takut, Penurut atau Pemberontak” ini menitik beratkan pada pola asuh. Sebagian besar dari kita adalah produk dari pola asuh orangtua kita.

Ada 2 kesalahan pola asuh dan dampaknya bagi anak:

  • POLA ASUH OTORITER: anak cenderung menjadi anak yang penakut, dapat menghalalkan segala cara bila melakukan kesalahan agar tidak dimarahi orangtua, dan anak cenderung kurang percaya diri.
  • POLA ASUH PERMISIF : anak cenderung suka memberontak, anak mengabaikan otoritas orangtua karena orangtua tidak tegas dan terlalu membebaskan anak, anak menjadi sulit beradaptasi.

Bagaimana kita memperbaiki pola asuh?

  • ajarkan anak untuk bertindak moral ( bagaimana melakukan yang baik)
  • ajarkan anak untuk berpikir moral (mengapa dia harus melakukan)
  • tanamkan pendidikan moral: boleh vs dilarang, benar vs salah, baik vs jahat, dorong anak untuk berbuat kebajikan

Anak-anak kita adalah produk dari pola asuh kita, kita adalah cermin bagi anak-anak kita. Bertindaklah tegas, hindari kesalahan pola asuh di masa lalu, pembentukan karakter anak-anak kita merupakan tanggung jawab kita sebagai orangtua.

       

 

Share