Home   News   PELATIHAN GURU “ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “

PELATIHAN GURU “ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “

Rabu, 3 Oktober 2018, guru dan karyawan SDK 11 PENABUR mengikuti pelatihan anak berkebutuhan khusus di aula.  Narasumber pelatihan adalah Ibu Dra. Julianita Suryadjaja.  Beliau merupakan koordinator psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta.

  

 

 

Ibu Nita , begitu sapaan kami untuk beliau, memberikan sharing tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). ABK yang dalam bahasa Inggris disebut disability berarti anak yang mempunyai keterbatasan diri atau kurang mampu, antara lain disability fisik, intelektual, perilaku, kognitif dan perkembangan umum.

  

Mengenal autism, speech delay dan bagaimana cara mendeteksinya menjadi pengetahuan yang penting dan perlu dikuasai para guru.  Belajar dari video tentang ADHD, para guru seperti diajak untuk memposisikan diri sebagai anak ADHD dan menyelami apa yang ada di pikiran anak ADHD.  Cara membantu anak speech delay dana cara melatih motorik kasar maupun motorik halus ABK menjadi ketrampilan baru bagi para guru.

 

Penyebab ABK dapat disebabkan oleh pola asuh orang tua yang kurang tepat. Misalnya mengambil tanggungjawab anak (merapikan buku pelajaran), terlalu sibuk sampai kurang menstimulus anak untuk berbicara, aturan di rumah yang tidak jelas dan konsisten, dan lainnya.

 

  

Diskusi seru mengenai studi kasus yang dihadapi di sekolah.  Semoga pelatihan ini dapat membekali dan menumbuhkan semangat para guru untuk lebih melayani anak-anak SDK 11 PENABUR Jakarta dengan lebih baik lagi.

 

 

~ Rebecca Riska Angkouw, S.Psi ~

 

 

 

 

 

 

 

#sekolahunggulan#sekolahfavorit#sekolahberprestasi#PENABUR#sekolahberkarakter#sekolahKristiani#pendidikan#berkualitas

 
    Calendar icon October 4, 2018 Category icon News

Share