Home   News   SEMINAR PPLH

SEMINAR PPLH

SD Kristen 11 Penabur Jakarta menggelar seminar guru bertajuk Pendidikan Berwawasan Lingkungan, pada hari Selasa, 2 Oktober 2018, di aula SDK 11 Penabur. Seminar ini merupakan salah satu rangkaian dari program tahunan Save Our Earth, SDK 11 Penabur Jakarta.

Pada seminar ini hadir Kasie PPSM Dinas  Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Ibu Rita Ningsih yang menjadi keynote speaker. Beliau memaparkan dengan jelas tentang langkah-langkah yang harus ditempuh sekolah untuk menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk  cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Hal yang perlu digaris bawahi dari pemaparan beliau adalah pentingnya kerjasama dan dukungan dari setiap elemen sekolah dalam mewujudkan sekolah dan pendidikan berwawasan lingkungan. Elemen – elemen sekolah meliputi : Kepala Sekolah, Guru, TU, Siswa, Komite Sekolah, Orangtua Siswa, Pemerintah setempat, Masyarakat sekitar, dan LSM.

Dalam mewujudkannya, sekolah juga harus mempunyai komponen standar yang meliputi 4 pilar kebijakan :

  1. Kebijakan berwawasan lingkungan
  2. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan
  3. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif
  4. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan
  • pilar kebijakan tersebut kemudian secara rinci dijabarkan menjadi 8 standar dan 33 implementasi.

 

Sesi Seminar dilanjutkan oleh Ibu Rina Kusuma, mantan advisor dan konsultan Sekolah Sobat Bumi dan yayasan KEHATI. Beliau menitikberatkan pada implementasi lanjutan dari pendidikan pelestarian lingkungan hidup, yaitu pengembangan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development). Beliau menyatakan,“ Ide dasar dari pengembangan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan ini sebenarnya adalah bagaimana generasi sekarang dapat menjaga kelestarian dan keutuhan lingkungan sehingga generasi mendatang mendapatkan dan merasakan keadaan yang sama seperti yang diperoleh generasi saat ini.” Keunggulan dalam pendekatan ESD yaitu penerapan pembelajaran abad 21 yang meliputi Student centered, Collaboration, Communication, Critical thinking & problem solving.

 

Adapun tujuan dari Education for Sustainable Development ini meliputi:

  1. Memperkaya proses pembelajaran siswa melalui pemanfaatan sumberdaya hayati di sekolah
  2. Memperkuat pengelolaan sumberdaya hayati di sekolah melalui integrasi kebun sekolah, kantin sehat, dan pengelolaan sampah
  3. Mengembangkan interaksi dinamis di sekolah melalui peningkatan kapasitas dan partisipasi warga sekolah serta jejaring yang terkait
  4. Memfasilitasi pengelolaan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan gaya hidup hijau di sekolah

 

Ibu Rina menambahkan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah dapat menyasar pada salah satu fokus tertentu yang pada akhirnya akan meluas pada tujuan umumnya seperti;

  1. Kebun Sekolah
  • Pusat Koleksi Tanaman (lokal, endemik, dan terancam punah)
  • Online database (data koleksi tanaman sekolah)
  1. Kantin Sehat
  • Transformasi Pengelolaan Kantin (bersih, enak, adil)
  • Kampanye Pangan Lokal (from garden to table)
  1. Zero Waste
  • Pengurangan Sampah (Reduce, Reuse, Recycle)
  • Nilai Tambah Sampah (kewirausahaan sekolah)

 

Beliau berbagi bersama kami tentang bagaimana para guru dan para siswa bekerjasama dalam menyelesaikan isu isu local disekitar sekolah mereka dan mampu memberi nilai tambah pada warga sekolah, orang tua, dan warga sekitar.

 

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab yang cukup menarik. Kami, para guru SDK 11 Penabur Jakarta merasa sangat terbantu dalam pemahaman dan penerapan sekolah berwawasan lingkungan. Semoga kami dapat menerapkan pengetahuan yang kami peroleh hari ini untuk mewujudkan SDK 11 Penabur yang lebih hijau dan ramah lingkungan. Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

#sekolahunggulan#sekolahfavorit#sekolahberprestasi#PENABUR#sekolahberkarakter#sekolahKristiani#pendidikan#berkualitas

 

 
    Calendar icon October 8, 2018 Category icon News

Share