Home   News   ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia)

ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia)

Halo teman-teman nama saya Joshua, kelas V SDK 11 PENABUR.  Saya bersama Carlo dan Alex mengikuti ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia). Tema lomba robotic kali ini adalah ‘Save the Ocean’.

Sebagai persiapan lomba, kami membuat base robot yang terbuat dari styrofoam. Base robot ini berfungsi agar robot dapat mengambang di atas air.  Nama robot kami adalah D’Eleven Robo.  Robot kami berguna untuk mengangkut sampah yang ada id perairan.  Oleh karenanya, kami melengkapinya dengan tiga motor yaitu; motor A, B dan C. Motor A digunakan untuk mengangkut sampah, sedangkan motor B dan C digunakan untuk mendayung. Robot itu dilengkapi dengan sensor ultrasonic yang berguna untuk mendeteksi sampah.

Didampingi pelatih dari T’botik, kami belajar untuk membuat program robot. Mereka mengajari kami mengendalikan gerak robot sehingga robot dapat maju dan mundur, ke kanan dan ke kiri untuk mencari dan mengambil sampah.  Agar dalam perlombaan terlihat menarik, maka kami membagi tugas untuk menghias robot, membuat poster, dan spanduk.

Hari lomba pun tiba, para juri mulai memberikan pertanyaan tentang robot yang telah kami buat. Disaat pertandingan berlangsung, juri-juri sedang berkeliling mengunjungi setiap booth yang ada, terlintas dalam pikiran kami untung menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan bahasa Inggris. Akhirnya booth kami mendapat gilirannya. Dengan kesepakatan kami sebelumnya, kami menjawab setiap pertanyaan yang diberikan juri dengan bahasa Inggris.

Walaupun grup kami belum mendapatkan kesempatan juara dalam kompetisi ini.  Kami tetap merasa bangga.  Maju terus robot Indonesia.

 

 

 

 

#sekolahunggulan#sekolahfavorit#sekolahberprestasi#PENABUR#sekolahberkarakter#sekolahKristiani#pendidikan#berkualitas

 
    Calendar icon October 25, 2018 Category icon News

Share