Home   News   KKO Level 2 Pertemuan ke-3 “Ketaatan, Sebuah Belenggukah?”

KKO Level 2 Pertemuan ke-3 “Ketaatan, Sebuah Belenggukah?”

Ketika mendengar kata “taat”, apa yang muncul dalam pikiran kita? Gambaran sifat taat yang positif atau negatif? Faktanya, kebanyakan anak seringkali taat pada sesuatu yang mereka sukai, tetapi tidak taat pada perintah yang mereka tidak sukai. Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan ”ketaatan” menjadi salah satu karakter yang positif pada diri anak-anak kita. Artinya setiap orang tua mengharapkan anak-anaknya memiliki pengendalian diri untuk dapat bersikap taat dimana saja dan kapan saja meskipun tanpa ada yang mengawasi.

Secara umum, arti ketaatan adalah bentuk dari sikap patuh, penurut, tidak memberontak, tidak melawan. Namun, jika dilihat secara spesifik ketaatan juga menggambarkan kualitas karakter yang menentukan masa depan seseorang. Dalam pembentukan karakter anak, kita memerlukan media yang kondusif untuk pertumbuhan hati nurani anak yaitu proses pengenalan dan penerapan nilai-nilai standar kehidupan bagi anak-anak kita. Salah satu dari media yang kondusif ini ialah sifat taat. Karenanya, perlu adanya pembiasaan terkait dengan prinsip-prinsip ketaatan sejak usia dini.

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam pembentukan ketaatan anak adalah lingkungan yang sesuai (dalam hal ini keluarga yang taat dan disiplin). Jadi, orang tua berperan dalam memberikan teladan ketaatan dan menerapkannya secara konsisten. Dalam prakteknya, kita mulai dengan membiasakan keteraturan dalam rutinitas sehari-hari dengan batasan aturan yang jelas. Misalnya: penerapan keteraturan dalam hal waktu tidur, mandi, makan, belajar, bermain. Jika proses pembentukan ketaatan yang positif dan pengaruh lingkungan yang kondusif berjalan dengan baik, maka diharapkan kesadaran diri dan pengendalian diri anak akan terwujud sejalan dengan bertambahnya umur dan pengalaman si anak.

 

 

Melalui kegiatan KKO ini, para orang tua siswa di SDK 11 PENABUR dapat saling berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai pembentukan karakter khususnya pembentukan sifat taat dalam diri anak-anak. Kiranya prinsip-prinsip ketaatan yang sudah kita biasakan pada anak-anak kita bukan malah menjadi sebuah belenggu menakutkan yang mengikat diri anak-anak kita, melainkan menjadi sebuah karakter positif yang melekat dalam diri dan dapat dilakukan berdasarkan pada kesadaran diri anak-anak itu sendiri. Tuhan Yesus Memberkati.

 

 

 

 

 
    Calendar icon December 7, 2018 Category icon News

Share